Efektivitas Pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap Tingkat Religiusitas Siswa (Studi Komparasi di SMP Muhammadiyah 4 dan MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang) Kabupaten Karanganyar Tahun 2024/2025

Nisa, Fitria Khairun (2025) Efektivitas Pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap Tingkat Religiusitas Siswa (Studi Komparasi di SMP Muhammadiyah 4 dan MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang) Kabupaten Karanganyar Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap tingkat religiusitas siswa di SMP Muhammadiyah 4 dan MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran pembelajaran Kemuhammadiyahan sebagai sarana pembentukan karakter religius siswa sesuai ajaran Islam dan nilai-nilai Muhammadiyah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan populasi sebanyak 690 siswa yang terdiri dari siswa SMP Muhammadiyah dan MTs Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independen untuk membandingkan tingkat religiusitas antara kedua kelompok siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat religiusitas siswa antara SMP dan MTs Muhammadiyah (p < 0,05). Pembelajaran Kemuhammadiyahan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman keagamaan, pengamalan ibadah, dan akhlak siswa. Siswa di kedua jenjang menunjukkan tingkat religiusitas yang tinggi, namun secara rata-rata siswa MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang memiliki skor religiusitas yang sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Kemuhammadiyahan memiliki efektivitas yang tinggi terhadap peningkatan religiusitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan metode pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan berbasis keteladanan guru untuk hasil yang lebih optimal.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kemuhammadiyahan, Religiusitas, Pendidikan Islam, Metode Kuantitatif, Komparatif
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitria Khairun Nisa
Date Deposited: 28 Nov 2025 00:55
Last Modified: 28 Nov 2025 00:55
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year