Nisa, Fitria Khairun (2025) Efektivitas Pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap Tingkat Religiusitas Siswa (Studi Komparasi di SMP Muhammadiyah 4 dan MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang) Kabupaten Karanganyar Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
BAB I.pdf
Download (211kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
BAB III.pdf
Download (319kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
BAB V.pdf
Download (209kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (192kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Kemuhammadiyahan terhadap tingkat religiusitas siswa di SMP Muhammadiyah 4 dan MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran pembelajaran Kemuhammadiyahan sebagai sarana pembentukan karakter religius siswa sesuai ajaran Islam dan nilai-nilai Muhammadiyah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan populasi sebanyak 690 siswa yang terdiri dari siswa SMP Muhammadiyah dan MTs Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independen untuk membandingkan tingkat religiusitas antara kedua kelompok siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat religiusitas siswa antara SMP dan MTs Muhammadiyah (p < 0,05). Pembelajaran Kemuhammadiyahan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman keagamaan, pengamalan ibadah, dan akhlak siswa. Siswa di kedua jenjang menunjukkan tingkat religiusitas yang tinggi, namun secara rata-rata siswa MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang memiliki skor religiusitas yang sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Kemuhammadiyahan memiliki efektivitas yang tinggi terhadap peningkatan religiusitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan metode pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan berbasis keteladanan guru untuk hasil yang lebih optimal.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kemuhammadiyahan, Religiusitas, Pendidikan Islam, Metode Kuantitatif, Komparatif |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Fitria Khairun Nisa |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 00:55 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 00:55 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1009 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

