Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Ibadah Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026

Ibadurrohman, Ibadurrohman (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Ibadah Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Hasil belajar sebelum penggunan media (Pretest), (2) Hasil belajar sesudah penggunan media (Posttest), (3) Pengaruh penggunan media pembelajaran interaktif
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah, jumlah yang di ambil dalam penelitian ini yaitu 40 siswa kelas XI SMA Muhamadiyah 3 Surakarta, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket (skala Likert), dokumentasi, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman konsep ibadah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial, meliputi:
(1) Scoring terhadap hasil pretest dan posttest,
(2) uji normalitas (menggunakan uji Lilliefors) untuk mengetahui distribusi data,
(3) uji N-Gain ternormalisasi untuk mengukur peningkatan hasil belajar, serta
(4) uji-t (paired sample t-test) untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap pemahaman konsep ibadah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan pemahaman konsep ibadah siswa. Siswa yang belajar menggunakan media interaktif menunjukkan peningkatan skor pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Media interaktif membantu siswa memahami tata cara ibadah secara lebih konkret, meningkatkan motivasi belajar, dan memfasilitasi keterlibatan aktif selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran interaktif dapat dijadikan alternatif strategis dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Konsep Ibadah Siswa.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibadurrohman Ibadurrohman
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:57
Last Modified: 05 Dec 2025 08:57
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year