Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Darul Fikri Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025

Fasikah, Zakiya Uli (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Darul Fikri Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya minat siswa pada pembelajaran fikih disebabkan salah satunya adalah proses belajar mengajar yang disampaikan kurang menarik dan terkesan monoton bagi siswa, yang menyebabkan kondisi kelas yang kurang kondusif yang menjadi penghambat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbasis video animasi merupakan salah satu cara untuk menciptakan inovasi yang menarik dalam pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, berinteraksi dengan materi pembelajaran, serta mendapatkan umpan balik secara langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran fikih dengan penggunaan media pembelajaran interaktif yang berbasis pada video animasi. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa, motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran fikih maka akan mendapatkan hasil yang memusakan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan hipotesis dimana berpedoman pada kuisoner yang telah disebar kepada 56 responden. Dalam mengalisis data ini, peneliti menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas, dan uji linieritas. Juga menggunakan uji hipotesis dengan uji t dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunnjukkan bahwa adanya hubungan antara penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih siswa kelas VII MTs Darul Fikri Ponorogo yaitu memiliki pengaruh sebesar 73% dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi dan 27% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi, Minat Belajar Siswa, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zakiya Uli Fasikah
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:47
Last Modified: 26 Nov 2025 02:47
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year