Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Efektivitas Dakwah (Studi pada Akun Instagram @grangerzmn)

Azizah, Lathifah Nur (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Efektivitas Dakwah (Studi pada Akun Instagram @grangerzmn). Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram dengan tiga sub variabel, yaitu intensitas penggunaan media sosial, isi pesan, dan hubungan pengguna dengan isi pesan, terhadap efektivitas dakwah pada akun instagram @grangerzmn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel sebanyak 194 responden diambil menggunakan teknik simple random sampling dari populasi 45.600 pengikut akun instagram @grangerzmn. Instrumen berupa kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Intensitas penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas dakwah (koefesien regresi 0,387; sig. 0,023); 2) Isi pesan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas dakwah (koefesien regresi 0,609; sig. 0,000); 3) Hubungan pengguna dengan isi pesan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas dakwah (koefesien regresi 1,012; sig. 0,000); 4) Secara simultan, ketiga sub variabel penggunaan media sosial instagram tersebut berpengaruh signifikan terhadap efektivitas dakwah (f_Hitung 178,949; sig. 0,000) dengan koefesien determinasi (R^2) 73,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media sosial instagram melalui intensitas penggunaan media sosial, isi pesan, dan hubungan pengguna dengan isi pesan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas dakwah baik secara parsial maupun simultan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial Instagram, Intensitas Penggunaan, Isi Pesan, Hubungan Pengguna, Efektivitas Dakwah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.6 Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Lathifah Nur Azizah
Date Deposited: 27 Nov 2025 03:30
Last Modified: 27 Nov 2025 03:30
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year