Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Permatasari, Shindi Anggraini (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tiga hal, yaitu: (1) bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual berdampak pada siswa di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, (2) bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan (3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Tujuannya adalah untuk melihat hubungan antara dua variabel, yaitu penggunaan media pembelajaran audio visual (variabel bebas) dan prestasi belajar PAI (variabel terikat).
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, sebanyak 288 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa, yang berasal dari kelas VII F dan VII G. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan dokumen. Analisis datanya dilakukan dengan metode korelasi dan regresi linear sederhana. Selain itu, juga dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas untuk memastikan kualitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media audio visual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI.
Nilai koefisien korelasi sebesar 0,354 dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,020 menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara media audio visual dan prestasi belajar PAI. (2) sementara prestasi belajar siswa sebesar 0,181 poin.
Hasil uji t menunjukkan nilai t sebesar 2,427, yang mendukung signifikansi pengaruh ini. Uji F menunjukkan bahwa nilai F sebesar 79,696 dan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, yang jauh lebih kecil dari batas α = 0,05, menunjukkan model regresi sangat signifikan. (3) Dengan demikian, media visual memengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai R² sebesar 0,660 menunjukkan bahwa 66% variasi dalam prestasi belajar PAI dapat dijelaskan oleh penggunaan media audio visual. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang menggunakan media visual sebagai prediktor memiliki tingkat kecocokan data yang tinggi dan efektif dalam menjelaskan prestasi belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Prestasi Belajar PAI
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shindi Anggraini Permatasari
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:52
Last Modified: 28 Nov 2025 01:52
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year