Permatasari, Shindi Anggraini (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
BAB I.pdf
Download (180kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
BAB III.pdf
Download (340kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
BAB V.pdf
Download (154kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (175kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tiga hal, yaitu: (1) bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual berdampak pada siswa di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, (2) bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan (3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Tujuannya adalah untuk melihat hubungan antara dua variabel, yaitu penggunaan media pembelajaran audio visual (variabel bebas) dan prestasi belajar PAI (variabel terikat).
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar, sebanyak 288 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa, yang berasal dari kelas VII F dan VII G. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner dan dokumen. Analisis datanya dilakukan dengan metode korelasi dan regresi linear sederhana. Selain itu, juga dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas untuk memastikan kualitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media audio visual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI.
Nilai koefisien korelasi sebesar 0,354 dan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,020 menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara media audio visual dan prestasi belajar PAI. (2) sementara prestasi belajar siswa sebesar 0,181 poin.
Hasil uji t menunjukkan nilai t sebesar 2,427, yang mendukung signifikansi pengaruh ini. Uji F menunjukkan bahwa nilai F sebesar 79,696 dan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, yang jauh lebih kecil dari batas α = 0,05, menunjukkan model regresi sangat signifikan. (3) Dengan demikian, media visual memengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai R² sebesar 0,660 menunjukkan bahwa 66% variasi dalam prestasi belajar PAI dapat dijelaskan oleh penggunaan media audio visual. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang menggunakan media visual sebagai prediktor memiliki tingkat kecocokan data yang tinggi dan efektif dalam menjelaskan prestasi belajar siswa.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Audio Visual, Prestasi Belajar PAI |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Shindi Anggraini Permatasari |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:52 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:52 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/844 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

