Hubungan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dengan Religiusitas Siswa di SMP Muhammadiyah Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025

Nur Aini, Bekti Fajar (2025) Hubungan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dengan Religiusitas Siswa di SMP Muhammadiyah Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan tingkat religiusitas siswa di SMP Muhammadiyah Watukelir pada tahun ajaran 2024. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru PAI sebagai teladan dan pembimbing dalam membentuk karakter dan nilai-nilai keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah Watukelir, dengan sampel sebanyak 50 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru PAI dengan religiusitas siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,615 dengan signifikansi (p) < 0,05. Artinya, semakin baik peran guru PAI, maka semakin tinggi pula tingkat religiusitas siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan religiusitas siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Siswa SMP Muhammadiyah Watukelir
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bekti Fajar Nur Aini
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:36
Last Modified: 06 Nov 2025 02:36
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year