Kuncahyo, Ilham (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendukung Bakat Siswa di Imtaq Shighor Program Khusus Isy Karima (SMP) Tahun Pelajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (635kB)
BAB I.pdf
Download (128kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (411kB)
BAB III.pdf
Download (164kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
BAB V.pdf
Download (78kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendukung konsistensi siswa mengembangkan bakat serta faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya konsistensi siswa dalam pengembangan bakat di IMTAQ Shighor Program Khusus Isy Karima (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peran guru PAI dalam mendukung konsistensi siswa mengembangkan bakat; (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kurangnya konsistensi siswa dalam mengembangkan bakat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis-kualitatif. Waktu dan lokasi penelitian dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus 2025 di IMTAQ Shighor Program Khusus Isy Karima (SMP). Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan penting sebagai motivator, pembimbing, dan fasilitator yang membantu siswa untuk aktif dan konsisten dalam mengembangkan bakatnya. Namun, terdapat berbagai faktor penghambat konsistensi siswa, antara lain kesulitan memahami materi, perubahan minat yang tidak stabil, keterbatasan waktu pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kendala transportasi, dan pendampingan yang belum optimal. Upaya guru dalam mendukung siswa dilakukan melalui pendekatan pembelajaran yang adaptif dan pemberian motivasi secara berkelanjutan.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Konsistensi Siswa, Pengembangan Bakat, Faktor Penghambat |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ilham Kuncahyo |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:40 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:40 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

