Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025

Maulana, Isyfa (2025) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Seberapa lengkap dan baik kondisi fasilitas belajar yang ada di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2024/2025, (2) Seberapa tinggi tingkat kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2024/2025, (3) seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2024/2025.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025, yang berjumlah 121 peserta didik, sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel probability sampling yang dihitung menggunakan rumus Slovin, hasil hitungannya adalah 55 responden. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan Dokumentasi. Adapaun Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Teknik Analisis Deskriptif.
Hasil dari penelitian ini: (1) Tingkat Fasilitas Belajar di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025 didapatkan dengan nilai tertinggi adalah 80 dan nilai terendah adalah 41 . Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 20 berada pada nilai skor 49,25 – 57,82 dan 57,82 – 66,39 dengan kategori cukup dan baik. (2) Tingkat Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025 didapatkan nilai tertinggi adalah 115 dan nilai terendah adalah 40. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 20 berada pada nilai skor 71,67 – 86,53 dengan kategori Tinggi. (3) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2024/2025 diperoleh nilai rho 0,997 yang artinya terdapat pengaruh kuat, semakin baik fasilitas belajar semakin tinggi kreativitas mengajar guru.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Kreativitas Mengajar, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isyfa Maulana
Date Deposited: 01 Dec 2025 08:26
Last Modified: 01 Dec 2025 08:26
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year