Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Nilai Moral pada Cerita Rakyat Jawa Gunung Tugel Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV MI Terpadu Al Mabrur Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Rahmat, Basuki (2025) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Nilai Moral pada Cerita Rakyat Jawa Gunung Tugel Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV MI Terpadu Al Mabrur Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)

Abstract

Kesulitan memahami Bahasa Jawa yang memiliki banyak kosa kata dan ungkapan, membuat siswa sulit menemukan nilai moral yang terkandung dalam bacaan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan nilai moral serta mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa dalam menemukan nilai moral pada Cerita Rakyat Jawa Gunung Tugel Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV.
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan pemeriksaan keabsahan data adalah uji kredibilitas menggunakan triangulasi, dengan memanfaatkan sumber lain di luar data untuk keperluan pengecekan data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Humberman yaitu dengan Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Kemampuan siswa dalam menemukan nilai moral pada cerita "Gunung Tugel" tergolong rendah. Hal ini tercermin dari ketidak mampuan mereka untuk menemukan nilai moral. Siswa cenderung melihatnya sebagai hiburan tanpa menyelami makna yang terkandung. Keterbatasan ini menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan intelektual siswa belum berjalan optimal dalam mengevaluasi, dan merefleksikan nilai moral dari teks naratif. Faktor yang berpengaruh adalah minimnya minat dan motivasi siswa terhadap cerita rakyat, pandangan bahwa cerita rakyat hanya sebagai hiburan, cerita gunung tugel dianggap kurang menarik bagi beberapa siswa, yang pada akhirnya mengurangi semangat mereka, serta kendala dalam memahami bahasa dari cerita, menjadi hambatan utama bagi mereka untuk menemukan nilai moral.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Nilai Moral.
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.8 Pengajaran Lainnya untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Basuki Rahmat
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:50
Last Modified: 08 Dec 2025 01:50
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year