Rahmat, Basuki (2025) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Nilai Moral pada Cerita Rakyat Jawa Gunung Tugel Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV MI Terpadu Al Mabrur Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (771kB)
Bab I.pdf
Download (163kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
Bab III.pdf
Download (239kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
Bab V.pdf
Download (149kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
Abstract
Kesulitan memahami Bahasa Jawa yang memiliki banyak kosa kata dan ungkapan, membuat siswa sulit menemukan nilai moral yang terkandung dalam bacaan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan nilai moral serta mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa dalam menemukan nilai moral pada Cerita Rakyat Jawa Gunung Tugel Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV.
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan pemeriksaan keabsahan data adalah uji kredibilitas menggunakan triangulasi, dengan memanfaatkan sumber lain di luar data untuk keperluan pengecekan data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Humberman yaitu dengan Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Kemampuan siswa dalam menemukan nilai moral pada cerita "Gunung Tugel" tergolong rendah. Hal ini tercermin dari ketidak mampuan mereka untuk menemukan nilai moral. Siswa cenderung melihatnya sebagai hiburan tanpa menyelami makna yang terkandung. Keterbatasan ini menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan intelektual siswa belum berjalan optimal dalam mengevaluasi, dan merefleksikan nilai moral dari teks naratif. Faktor yang berpengaruh adalah minimnya minat dan motivasi siswa terhadap cerita rakyat, pandangan bahwa cerita rakyat hanya sebagai hiburan, cerita gunung tugel dianggap kurang menarik bagi beberapa siswa, yang pada akhirnya mengurangi semangat mereka, serta kendala dalam memahami bahasa dari cerita, menjadi hambatan utama bagi mereka untuk menemukan nilai moral.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Siswa, Nilai Moral. |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.8 Pengajaran Lainnya untuk Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Basuki Rahmat |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 01:50 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 01:50 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

