Pengaruh Media Berbasis PowerPoint terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 10 SMA Muhammadiyah 01 Sukoharjo

Senoaji, Mohamad Akbar Putra (2025) Pengaruh Media Berbasis PowerPoint terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 10 SMA Muhammadiyah 01 Sukoharjo. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMA Muhammadiyah 01 Sukoharjo serta kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya PowerPoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap minat belajar siswa kelas X, serta memberikan manfaat teoretis dalam pengembangan strategi pembelajaran Fiqih yang lebih menarik dan interaktif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan field research, melibatkan 45 siswa kelas X program boarding sebagai sampel yang diambil melalui purposive sampling. Berdasarkan Suharsimi Arikunto, bahwa data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara statistik menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta uji koefisien determinasi (R-Square).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint hanya berpengaruh sebesar 0,08% terhadap minat belajar Fikih, sedangkan 99,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa media PowerPoint tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar, terutama jika penyajiannya bersifat monoton, hanya berisi teks, dan minim interaksi. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar guru lebih kreatif dalam mendesain tampilan PowerPoint yang interaktif serta memadukannya dengan metode pembelajaran yang partisipatif. Sekolah diharapkan memperkuat fasilitas pendukung media digital, sedangkan peneliti selanjutnya disarankan mengkaji variabel lain seperti motivasi belajar, gaya mengajar guru, atau lingkungan belajar siswa agar hasil penelitian lebih komprehensif.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint, Minat Belajar, Fiqih, Siswa SMA
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akbar Putra Senoaji
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:30
Last Modified: 03 Dec 2025 08:30
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year