Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VII di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Tahun Ajaran 2023/2024

Irfani, Annas (2024) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VII di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi, tetapi juga berperan dalam mendidik siswa untuk memiliki karakter religius, yaitu karakter yang sesuai dengan ajaran islam. Salah satu guru yang berperan adalah guru sejarah kebudayaan islam (SKI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru SKI dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban, dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius tersebut.
Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif, teknik penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SKI. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, dan dalam menganalisis data yaitu dengan melakukan reduksi, penyajian, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru SKI dalam pembentukan karakter religius di SMP Islam Al-Hadi dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Upaya tersebut bisa berjalan baik karena adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan guru, dimana mereka membuat program-program sekolah yang mendukung terbentuknya karakter religius siswa. Dalam prosesnya, mayoritas siswa sudah menerapkan karakter religius tersebut. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang belum menerapkan, hal ini disebabkan latar belakang siswa yang berbeda-beda.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Karakter Religius
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:11
Last Modified: 23 Apr 2025 08:39
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year