Zubaid, Asy'ari Ichwanul (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sragen Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB1.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB1.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of BAB2.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB3.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB3.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of BAB4.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB5.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB5.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sragen tahun ajaran 2023/2024. PBL merupakan pendekatan inovatif yang mengedepankan partisipasi aktif siswa dan memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata. Dengan mengadopsi metode penelitian kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan 253 siswa melalui wawancara, observasi, dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL di kelas Akidah Akhlak memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sekitar 82,2% siswa menyatakan bahwa metode PBL cukup efektif, sementara 12,3% lainnya menganggapnya sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka. Siswa juga melaporkan peningkatan minat belajar, dengan 71,9% merasa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak. Keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok juga meningkat, di mana 66,8% siswa merasa bahwa mereka cukup mudah memahami materi melalui interaksi tersebut.
Namun, meskipun hasilnya positif, terdapat 10,3% siswa yang merasa kurang paham dan 3,6% yang tidak paham sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun PBL bermanfaat, masih ada kebutuhan untuk penyesuaian dan pengembangan lebih lanjut dalam penerapannya. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan bagi guru dalam mengimplementasikan PBL, serta pengadaan sumber daya yang lebih baik untuk mendukung pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran Akidah Akhlak dapat lebih efektif dan relevan bagi siswa.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, berpikir kritis, Akidah Akhlak, siswa. |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Staf Perpus |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:52 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:42 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/14 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year