Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Islami dan Audio Visual Terhadap Minat Belajar di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kota Surakarta

Santoso, Baron (2025) Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Islami dan Audio Visual Terhadap Minat Belajar di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kota Surakarta. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of Halaman depan.pdf] Text
Halaman depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Dafpus.pdf] Text
Dafpus.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah media buku cerita bergambar Islami dan media audio visual dapat mempengaruhi minat belajar anak di Raudhatul Athfal (RA) Nurul Huda Surakarta; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media buku cerita bergambar Islami dan audio visual dalam menumbuhkan minat belajar anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian dilaksanakan di RA Nurul Huda Kota Surakarta dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B (usia 5–6 tahun) sebanyak 30 anak. Instrumen penelitian disusun berdasarkan indikator-indikator variabel minat belajar yang ditentukan melalui studi pustaka dan kajian teoritis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS untuk mengukur pengaruh dua variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media buku cerita bergambar Islami terhadap minat belajar anak. Selain itu, media audio visual juga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar anak. Secara simultan, kedua media tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar anak. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pendidik dapat memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, khususnya media buku cerita bergambar Islami dan audio visual dalam proses pembelajaran

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Buku Cerita Bergambar Islami, Media Audio Visual
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Tingkatan Tertentu dalam Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Baron Santoso
Date Deposited: 19 May 2025 04:13
Last Modified: 19 May 2025 04:13
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year