Upaya Guru dalam Pembelajaran Kitab Jazari untuk Peningkatan Membaca Al-Qur'an kelas I Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Salma Firdausi, Yasmin (2025) Upaya Guru dalam Pembelajaran Kitab Jazari untuk Peningkatan Membaca Al-Qur'an kelas I Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman depan.pdf] Text
Halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Uapaya Guru dalam pembelajan Kitab Jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an Santri Kelas 1 Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar untuk mendeskripsikan tujuan dan metode pembelajaran Kitab jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an santri Di Pondok Pesantren Ar-Robbani ini sudah tercapai dengan baik apa belum, dan mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran kitab jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an ssantri di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar.
Metode yang digunakan pada penelitan ini dengan pembelajaran kitab jazari untuk Peningkatan Membaca Al-Qur’an santri kelas 1 Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar. Pembelajaran Kitab Jazari ini digunakan sesuai dengan tingkat Aliyyah dalam pengenalan Makhorijul huruf dan hukum bacaan tajwid yang terdiri dari beberapa Bab, yang dilengkapi dengan lagu nadzom atau syair untuk memudahkan dalam menghafal dan tidak merasa bosan atau jenuh.
Dari hasil penelitian peneliti mendapati permasalahan yang santri alami adalah kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an yang masih cukup kurang, dan tidak sedikit juga santri masih kesulitan dalam melafadzkan makhorijul huruf dengan benar sesuai kaidah tajwid. Hal ini akan menjadi penghambat kualitas bacaan santri untuk menghafal ayat Al-Qura’an.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pembelajaran Kitab Jazari, Peningkatan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yasmin Salma Firdausi
Date Deposited: 20 Mar 2025 01:39
Last Modified: 20 Mar 2025 01:41
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year