Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Religius Siswa di MTs Muhammadiyah Sangen Tahun Ajaran 2024/2025

Pratama, Adi Gilang (2025) Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Religius Siswa di MTs Muhammadiyah Sangen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of COVER 1.pdf] Text
COVER 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: 1). Bagaimana strategi Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Religius di MTs Muhammadiyah Sangen. 2) perilaku religius siswa yang ada di MTs Muhammadiyah Sangen. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Religius siswa di MTs Muhammadiyah Sangen Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber informan dari kepala sekolah, guru ibadah dan siswa. Metode dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan subjek yang di teliti dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Muhammadiyah Sangen , dengan focus utamanya adalah Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Religius siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Upaya guru meningkatkan Perilku Religius siswa di MTs Muhammadiyah Sangen sudah efektif, terlihat dari guru meningkatkan perilaku religius dengan strategi dan faktor pendukung perilaku religus beliau begitu memperhatikan dari hal kecil yaitu dari cara beliau memberikan contoh teladan, motivasi pada peserta didik, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar di lingkungan yang kondusif dan kreatif, lalu beliau menggunakan berbagai macam teknik dalam pembelajaran untuk meningkatkan Minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Sangen. 2) Faktor pendukung keikutsertaan guru siswa dalam, daya dukung dari teman yang baik, lingungan belajar yang nyaman, masjid yang nyaman, konsentrasi dalam belajar dan keterlibatan dalam program Morning Pray Gethering.3) Faktor Penghambat ada salah Kendala yang paling utama itu adalah waktu. Waktu pagi pasti alasannya banyak ada yang bangunnya kesiangan dan lain sebagainya. Itu tidak hanya dari siswanya saja tetapi juga guru, disiplin waktu itu ya memang sulit.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, perilaku Religius, Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adi Gilang Pratama
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:36
Last Modified: 16 Jun 2025 01:36
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year