Pengaruh Kompetensi Keperibadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Megawati, Sigmania Putri (2025) Pengaruh Kompetensi Keperibadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:Mengetahui seberapa tinggi kompetensi kepribadian guru PAI dan motivasi belajar siswakelasVII di SMP Muhammadiyah 1 GatakSukoharjo,Mengetahui seberapa tinggi pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo.
Menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo yang berjumlah 56 siswa. Dalam pengambilan sampel di penelitian ini, peneliti menggunakan pendapat dari Arikunto apabila populasi dibawah 100 maka seleruhnya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket/kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas variabel kompetensi kepribadian guru PAI dan motivasi belajar siswa menujukan r hitung > r tabel yang menunjukkan keduaintrumentersebutvaliddan uji reliabilitas kompetensi kepribadian guru PAI diketahui bahwa nilai Cronbach’sAlpha sebesar 0,846, dengan demikian r alpha> 0,6 sehingga instrumentpenelitian ini dapat dikatakan reliabel dan uji reliabilitas motivasi belajar siswa diketahui bahwa nilai Cronbach’ssebesar 0,897, dengan demikian r alpha> 0,6 sehingga instrument penelitian ini dapat dikatakan reliabel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi productmoment.
Kesimpulan pada penelitian ini yakni: Kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo pada kriteria baikdengan nilai prosentase 33,9%. Motivasi belajar siswa termasuk pada kriteria cukup dan diperoleh nilai prosentasi 35,7%. Pada hasil belajar juga berada pada kriteria sedang dengan nilai prosentase 37,5%. Variabel kompetensi kepribadian guru PAI dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo, dikarenakan nilai sig(2-tailed) 283>nilai signifikansi 0.05.Kompetensi Kepribadian Guru PAI dan Motivasi Belajar Siswa hanya berpengaruh sebesar 2,13% terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kperibadian, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sigmania Putri Megawati
Date Deposited: 11 Jun 2025 00:55
Last Modified: 11 Jun 2025 00:55
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year