Peran Lingkungan Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMK Bhakti Karya Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Wati, Vuri Anjas (2025) Peran Lingkungan Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMK Bhakti Karya Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of judul - daftar isi.pdf] Text
judul - daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of lampiran lampiran.pdf] Text
lampiran lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMK Bhakti Karya Karanganyar. 2) Untuk mengetahui
apa saja faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMK Bhakti Karya Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari hasil pengumpulan data ini, peneliti menggunakan analisis flow chart analysis. Analisis flow chart analysis adalah dimana dalam model analisis ini mengalir tigakomponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi yang dilakukan saling mengalir dengan proses pengumpulan data dan mengalir bersamaan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan melaluitriangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa telah dilakukan mengenai peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XII SMK Bhakti Karya Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025, memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Peran keluarga sangat penting sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak, menjamin kehidupan emosional anak, menanamkan dasar pendidikan moral, dan memberikan dasar pendidikan sosial. Lingkungan keluarga yang kondusif memberikan semangat dan rasa tanggung jawab kepada siswa untuk lebih giat belajar dan memperbaiki sikap dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor-faktor lingkungan keluarga dalam menentukan keberhasilan anak ada beberapa hal, dengan cara orang tua mendidik akan membentuk
kepribadian yang baik, relasi antar anggota keluarga mencerminkan komunikasi antar anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Suasana rumah yang mendukung berkaitan dengan kenyamanan belajar akan mempengaruhi
keberhasilan anak dalam studinya. Keadaan ekonomi orang tua yang cukup akan terpenuhinya sarana dan prasarana yang mendukung keberhasilan anak dalam prestasi belajarnya. Siswa yang mendapatkan dukungan aktif dari orang tua dalam bentuk perhatian, pengawasan, serta motivasi spiritual menunjukkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang lebih baik dibandingkan siswa yang kurang
mendapat perhatian tersebut. Hal ini terlihat dari wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: The Role Of Family Environment, Learning Achievement, Islamic Education.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vuri Anjas Wati
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:18
Last Modified: 13 Jun 2025 07:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year