Studi Komparasi Implementasi Pelajaran Akidah Akhlaq dalam Membina Akhlaq Mulia Siswa MTsTQ Baitul Hikmah dan di MTs Negeri 2 Kelas VII Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Arkhan, Muhammad (2025) Studi Komparasi Implementasi Pelajaran Akidah Akhlaq dalam Membina Akhlaq Mulia Siswa MTsTQ Baitul Hikmah dan di MTs Negeri 2 Kelas VII Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul "Studi Komparasi Implementasi Pelajaran Akidah Akhlaq dalam Membina Akhlaq Mulia Siswa MTsTQ Baitul Hikmah dan MTs Negeri 2 Sukoharjo Kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025".Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan implementasi pelajaran Akidah Akhlaq di kedua madrasah tersebut dalam usaha membina akhlaq mulia pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, di mana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam metode dan strategi yang diterapkan oleh masing-masing madrasah, meskipun tujuan yang ingin dicapai sama, yaitu pembentukan akhlaq mulia siswa. MTsTQ Baitul Hikmah lebih menekankan pada pendekatan internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa, sedangkan MTs Negeri 2 Sukoharjo lebih fokus pada pengembangan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan dalam interaksi sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pengajaran Akidah Akhlaq yang lebih efektif untuk membina karakter siswa di madrasah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Implementasi, Pelajaran Akidah Akhlaq, Akhlaq Mulia, Siswa MTs.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Farras Arkhan
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:43
Last Modified: 16 Jun 2025 03:43
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year