Studi Komparasi Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Kelas Digital dan Siswa Kelas Tahfizh di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025

Al Fajri, Kaharudin (2025) Studi Komparasi Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Kelas Digital dan Siswa Kelas Tahfizh di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tantangan pendidikan dalam era digital ini adalah rendahnya minat belajar siswa. Dengan melihat potensi belajar anak, orang tua dituntut untuk memilihkan program kelas yang sesuai dan mampu menarik minat belajar anaknya. Sebab, minat belajar menjadi faktor penting untuk mengawal keberhasilan demi tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan minat belajar siswa manakah yang lebih baik antara siswa kelas digital dan siswa kelas tahfizh.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Penelitian dilakukan di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dengan populasi dan sampel berjumlah 58 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas digital dan 29 siswa kelas tahfizh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Kemudian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji parametris (menggunakan uji independent sample t-test) karena data yang dihasilkan bersifat homogen dan berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas digital mempunyai rata-rata 73,34. Dari jumlah keseluruhan 29 siswa, terdapat 6 siswa yang mempunyai nilai pada kategori rendah, 18 siswa pada kategori sedang, dan 5 siswa pada kategori tinggi. Sedangkan skor minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas tahfizh mempunyai rata-rata 78,83 Dari jumlah keseluruhan 29 siswa, terdapat 4 siswa yang mempunyai nilai pada kategori rendah, 18 siswa pada kategori sedang, dan 7 siswa pada kategori tinggi. Sesudah data dianalisis, dilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai signifikansi (two-sided p) 0,044 < 0,05. Oleh karena itu, ketentuan H₀ ditolak dan Hₐ diterima, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan minat belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa kelas digital dan kelas tahfizh, dengan perbandingan bahwa minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas tahfizh lebih besar daripada minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas digital.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Kelas Digital, Kelas Tahfizh
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kaharudin Al Fajri
Date Deposited: 19 Jun 2025 01:25
Last Modified: 19 Jun 2025 01:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year