Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Budi Utomo Surakarta

Fatimah, Fatimah (2025) Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Budi Utomo Surakarta. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui seberapa besar nilai kecerdasan interpersonal siswa. 2) Mengetahui seberapa besar nilai pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa. 3) Hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar pendidikan agama islam.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII di SMP Budi utomo Surakarta. Sampel berjumlah 48 responden yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner angket yang diisi oleh siswa dan data nilai raport siswa. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hipotesis penelitian dihitung dengan korelasi product moment, regresi linier sederhana. Penyajian kesimpulan hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini: 1) kecerdasan interpersonal berkontribusi 20,4% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. 2) Hasil belajar pendidikan agama islam siswa seluruhnya berjumlah 4351 dengan rata-rata nilai 90,65 nilai tersebut temasuk dalam kategori “sedang” dengan nilai presentase sebesar 63%. Selain itu siswa juga mampu menginternalisasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang ada dalam Pendidikan Agama Islam dengan signifikan. Artinya pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas VII di SMP Budi Utomo Surakarta terbukti efektif. 3) Pada uji t diketahui nilai t hitung sebesar 3,436 dan adapun dk = 46, sehingga diperoeh t tabel 2,013. Karna t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat hubungan signifikan dan positif antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Budi Utomo Surakarta. Diharapkan hasil penelitian ini bisa memberikan sumbangan teoritis terhadap penelitian ilmiah dibidang pendidikan, terutama sebagai bentuk perkembangan ilmu psikologi.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Fatimah
Date Deposited: 08 Aug 2025 00:51
Last Modified: 08 Aug 2025 00:51
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year