Akmal, Wildan (2025) Pengaruh Metode Ice Breaking terhadap Semangat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Sekolah Menengah Jajar Islamic Center Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan .pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan .pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (346kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode Ice Breaking dianggap sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi semangat belajar siswa di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode ice breaking terhadap semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Ma’had Jajar Islamic Center Sambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Jajar Islamic Center Sambi dan sampel yang dipilih yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Ice Breaking menunjukkan presentase 38,7% dengan kategori rendah; 2) Semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII Ma’had Jajar Islamic Centermenunjukkan presentase 32% dengan kategori tinggi; 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa nilai tidak signifikan 0,296 > 0,01, hubungan sangat lemah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis 0 diterima, yang artinya tidak ada pengaruh antara metode Ice Breaking terhadap semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Pondok Jajar Islamic Center Sambi tahun ajaran 2024/2025.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, Semangat Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wildan Akmal |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:59 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year