Pengaruh Metode Ice Breaking terhadap Semangat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Sekolah Menengah Jajar Islamic Center Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Akmal, Wildan (2025) Pengaruh Metode Ice Breaking terhadap Semangat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Sekolah Menengah Jajar Islamic Center Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan .pdf] Text
Halaman Depan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode Ice Breaking dianggap sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi semangat belajar siswa di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode ice breaking terhadap semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Ma’had Jajar Islamic Center Sambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Jajar Islamic Center Sambi dan sampel yang dipilih yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Ice Breaking menunjukkan presentase 38,7% dengan kategori rendah; 2) Semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII Ma’had Jajar Islamic Centermenunjukkan presentase 32% dengan kategori tinggi; 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa nilai tidak signifikan 0,296 > 0,01, hubungan sangat lemah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis 0 diterima, yang artinya tidak ada pengaruh antara metode Ice Breaking terhadap semangat belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Pondok Jajar Islamic Center Sambi tahun ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, Semangat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildan Akmal
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:59
Last Modified: 12 Aug 2025 01:59
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year