Komparasi Prestasi Belajar antara Siswa yang Mengikuti dengan Siswa yang tidak mengikuti Program Pondok Pesantren pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurhasan Senting Tahun Pelajaran 2024/2025

Aini, Ismy Fadhillah Nur (2024) Komparasi Prestasi Belajar antara Siswa yang Mengikuti dengan Siswa yang tidak mengikuti Program Pondok Pesantren pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurhasan Senting Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.

[thumbnail of Ismy Fadhillah_05.113_HALAMAN DEPAN - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy Fadhillah_05.113_HALAMAN DEPAN - Ismy Fadhillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[thumbnail of Ismy fadhillah _05.113_BAB I - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy fadhillah _05.113_BAB I - Ismy Fadhillah.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Ismy fadhillah_05.113_BAB II - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy fadhillah_05.113_BAB II - Ismy Fadhillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Ismy Fadhillah_05.113_BAB III - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy Fadhillah_05.113_BAB III - Ismy Fadhillah.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Ismy fadhillah_05.113_BAB IV - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy fadhillah_05.113_BAB IV - Ismy Fadhillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of Ismy Fadhillah_05.113_BAB V - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy Fadhillah_05.113_BAB V - Ismy Fadhillah.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of Ismy Fadhillah_05.113_DAFTAR PUSTAKA - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy Fadhillah_05.113_DAFTAR PUSTAKA - Ismy Fadhillah.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Ismy Fadhillah_05.113_LAMPIRAN - Ismy Fadhillah.pdf] Text
Ismy Fadhillah_05.113_LAMPIRAN - Ismy Fadhillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah berbasis pondok pesantren memiliki latar belakang tempat tinggal yang berbeda-beda mampu mendidik para siswanya melalui pengembangan pendidikan karakter dan pasti memiliki nilai tambah dibanding sekolah yang tidak berbasis pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti program pondok pesantren dengan siswa yang tidak mengikuti program pondok pesantren dan ada tidaknya perbedaan prestasi belajarnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif berdasarkan problema komparasi. Tempat penelitian ini dilaksankan di SDIT Nur Hasan Senting. Waktu penelitian ini mulai dari bulan Februari 2023 sampai dengan bulan Juli 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDIT Nur Hasan Senting yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa yang mengikuti program pondok pesantren dan 20 siswa yang tidak mengikuti program pondok pesantren.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh atau sensus. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen berupa laporan nilai akhir siswa tahun Pelajaran 2023/2024. Uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat. Uji homogenitas varians menggunakan rumus Bartlett dan uji hipotesis menggunakan rumus Uji t-test dengan Separated Varians.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar prestasi belajar siswa yang mengikuti program pondok pesantren pada kategori sedang, dari hasil penelitian ini terdapat sebanyak 9 siswa (85,22-88,28) dengan presentase 56%. Kemudian sebagian siswa yang tidak mengikuti program pondok pesantren pada kategori sedang, terbukti dari hasil penelitian ini terdapat sebanyak 14 siswa (82,05-86,55) dengan presentase 70%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti program pondok pesantren dengan siswa yang tidak mengikuti program pondok pesantren pada siswa kelas 6 SDIT Nur Hasan Senting tahun Pelajaran 2022/2023. Terbukti dari hasil thitung > ttabel, yaitu (3,718 > 2,032), maka H0 ditolak atau Ha diterima. Atau dengan kata lain partisipasi dalam program pondok pesantren memberikan perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:31
Last Modified: 28 Apr 2025 02:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year