Implementasi Pembelajaran Tahsin dalam Peningkatan Kemampuan Hafalan Santri di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karanganyar Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025

Kholil, A. Munawar (2025) Implementasi Pembelajaran Tahsin dalam Peningkatan Kemampuan Hafalan Santri di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karanganyar Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS  BAB I.pdf] Text
TESIS BAB I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of TESIS  BAB II.pdf] Text
TESIS BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS  BAB III.pdf] Text
TESIS BAB III.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of TESIS  BAB IV.pdf] Text
TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS  BAB V.pdf] Text
TESIS BAB V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) pembelajaran tahsin, (2) implementasi pembelajaran tahsin dalam peningkatan kemampuan hafalan santri, serta (3) faktor pendukung dan penghambatnya di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima. Pentingnya tahsin (memperbaiki bacaan sesuai kaidah tajwid) ditekankan sebagai fondasi utama sebelum menghafal Al-Qur'an, karena hafalan yang didasarkan pada bacaan yang salah akan sulit diperbaiki dan menghambat proses hafalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin di IMTAQ Shighor Isy Karima berfungsi sebagai pondasi awal yang wajib sebelum tahapan menghafal. Implementasinya berjalan secara sistematis melalui tiga tahapan utama: Perencanaan (meliputi seleksi guru bersanad dan tes kemampuan awal santri), Pelaksanaan (menggunakan metode talaqqi/sorogan yang berfokus pada praktik langsung (tatbiq) dari guru bersanad ke santri dengan koreksi harian), dan Evaluasi (dilakukan secara harian dan ujian juziyah). Implementasi yang ketat dan terstruktur ini berdampak sangat signifikan pada peningkatan kemampuan hafalan santri. Santri menjadi lebih lancar, mampu menerapkan kaidah tajwid, lebih mudah menghafal, dan kecepatan hafalannya bertambah karena minimnya kesalahan bacaan. Faktor pendukung utama adalah ketersediaan guru yang kompeten dan bersanad, sedangkan faktor penghambat adalah motivasi belajar santri yang masih perlu ditingkatkan.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Tahsin, Implementasi Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan Hafalan
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1.121 Tajwid
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1.5 Kritik dan Komentar Mengenai Al-Qur'an
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A. Munawar Kholil
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:53
Last Modified: 06 Oct 2025 02:53
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year