Kholil, A. Munawar (2025) Implementasi Pembelajaran Tahsin dalam Peningkatan Kemampuan Hafalan Santri di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima Karanganyar Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (948kB) | Request a copy
![[thumbnail of TESIS BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB I.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of TESIS BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (503kB) | Request a copy
![[thumbnail of TESIS BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB III.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of TESIS BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB) | Request a copy
![[thumbnail of TESIS BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB V.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) pembelajaran tahsin, (2) implementasi pembelajaran tahsin dalam peningkatan kemampuan hafalan santri, serta (3) faktor pendukung dan penghambatnya di I’dadul Mu’allimin Tahfizhul Qur’an (IMTAQ) Shighor Isy Karima. Pentingnya tahsin (memperbaiki bacaan sesuai kaidah tajwid) ditekankan sebagai fondasi utama sebelum menghafal Al-Qur'an, karena hafalan yang didasarkan pada bacaan yang salah akan sulit diperbaiki dan menghambat proses hafalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin di IMTAQ Shighor Isy Karima berfungsi sebagai pondasi awal yang wajib sebelum tahapan menghafal. Implementasinya berjalan secara sistematis melalui tiga tahapan utama: Perencanaan (meliputi seleksi guru bersanad dan tes kemampuan awal santri), Pelaksanaan (menggunakan metode talaqqi/sorogan yang berfokus pada praktik langsung (tatbiq) dari guru bersanad ke santri dengan koreksi harian), dan Evaluasi (dilakukan secara harian dan ujian juziyah). Implementasi yang ketat dan terstruktur ini berdampak sangat signifikan pada peningkatan kemampuan hafalan santri. Santri menjadi lebih lancar, mampu menerapkan kaidah tajwid, lebih mudah menghafal, dan kecepatan hafalannya bertambah karena minimnya kesalahan bacaan. Faktor pendukung utama adalah ketersediaan guru yang kompeten dan bersanad, sedangkan faktor penghambat adalah motivasi belajar santri yang masih perlu ditingkatkan.
Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahsin, Implementasi Pembelajaran, Peningkatan Kemampuan Hafalan |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1.121 Tajwid 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1.5 Kritik dan Komentar Mengenai Al-Qur'an |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | A. Munawar Kholil |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:53 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year