Strategi Pemasaran Mix 5P dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di Perseroan Terbatas Sahabat Wisata Iman Sukoharjo Tahun 2024

Azzahro, Syifa (2025) Strategi Pemasaran Mix 5P dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di Perseroan Terbatas Sahabat Wisata Iman Sukoharjo Tahun 2024. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.

[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_HALAMAN DEPAN - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_HALAMAN DEPAN - Syifa Azzahro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_BAB 1 - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_BAB 1 - Syifa Azzahro.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_BAB 2 - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_BAB 2 - Syifa Azzahro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_BAB 3 - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_BAB 3 - Syifa Azzahro.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_BAB 4 - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_BAB 4 - Syifa Azzahro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_BAB 5 - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_BAB 5 - Syifa Azzahro.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_DAFTAR PUSTAKA - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_DAFTAR PUSTAKA - Syifa Azzahro.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Syifa Azzahro_227006101_LAMPIRAN - Syifa Azzahro.pdf] Text
Syifa Azzahro_227006101_LAMPIRAN - Syifa Azzahro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran adalah strategi manajemen suatu perusahaan yang menghasilkan produk dan jasa. Dimana kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk mempromosikan penjualan produk atau jasa seperti: Penjualan, promosi, dan pengiriman produk kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran Mix 5P dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah di Perseroan Terbatas Sahabat Wisata Iman Sukoharjo pada tahun 2024. Strategi pemasaran Mix 5P, yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, dan pelayanan (SDM), diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak manajemen perusahaan yaitu 10 staff marketing, 2 staff administrasi, dan survei terhadap 25 jamaah umrah yang telah menggunakan layanan PT. Sahabat Wisata Iman Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran Mix 5P secara efektif dapat mempengaruhi keputusan pembelian jamaah umrah, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah jamaah. Faktor harga yang kompetitif, produk layanan yang sesuai dengan kebutuhan jamaah dengan adanya paket yang bervariatif mulai dari paket promo, regular dan VIP, menetapkan harga yang bermacam-macam untuk apat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat, promosi yang efektif dengan melibatkan banyak tokoh agama atau masyarakat, menggunakan media cetak seperti brosur, melalui media sosial berupa Facebook, Instagram, dan YouTube. Kerjasama dengan agen travel, serta pelayanan yang memuaskan menjadi kunci utama keberhasilan strategi ini. Berdasarkan temuan ini, perusahaan disarankan untuk terus mengoptimalkan penggunaan strategi pemasaran Mix 5P guna memperluas jangkauan pasar dan mempertahankan kepuasan pelanggan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Adapun hambatan yang dihadapi oleh PT. Sahabat Wisata Iman Sukoharjo adalah kurangnya jumlah SDM dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mix 5P. Sehingga, meskipun sudah ada platform online, belum ada staf khusus bagian digital marketing. Sehingga penggunaan teknologi dalam pemesanan dan pembayaran masih terbatas dan belum sepenuhnya efesien. 2. Persaingan yang ketat antar biro perjalanan umrah yang lebih besar dan memiliki sumber daya lebih banyak menjadi tantangan utama dalam menarik lebih banyak jamaah. 3. Meski ada upaya promosi melalu media sosial, Perusahaan belum maksimal dalam menggunakan content creator atau influencer untuk memperluas jangkauan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jamaah Umrah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.154 Umrah, Umroh
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan, Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8 Manajemen Perdagangan, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:41
Last Modified: 28 Apr 2025 02:41
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year