Peran Manajer Operasional dalam Pengelolaan Bimbingan Manasik pada Jamaah Umrah PT. Zam Zam Tour & Travel Sukoharjo Tahun 2024

Zaki, Istiqomah Nurul (2024) Peran Manajer Operasional dalam Pengelolaan Bimbingan Manasik pada Jamaah Umrah PT. Zam Zam Tour & Travel Sukoharjo Tahun 2024. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.

[thumbnail of Istiqomah NZ _06.053_HALAMAN DEPAN - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ _06.053_HALAMAN DEPAN - Istiqomah Nurul Zaki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_BAB1 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_BAB1 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_BAB2 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_BAB2 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_BAB3 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_BAB3 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_BAB4 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_BAB4 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_BAB5 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_BAB5 - Istiqomah Nurul Zaki.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_DAFTAR PUSTAKA - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_DAFTAR PUSTAKA - Istiqomah Nurul Zaki.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Istiqomah NZ_06.053_LAMPIRAN - Istiqomah Nurul Zaki.pdf] Text
Istiqomah NZ_06.053_LAMPIRAN - Istiqomah Nurul Zaki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui peran manajer
operasional dalam pengelolaan manasik umrah di PT. Zamzam Tour & Travel
Tahun 2024, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan memberikan
rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas program bimbingan. Dengan
pemahaman yang lebih baik tentang peran manajer operasional, diharapkan kualitas
bimbingan manasik umrah dapat ditingkatkan, dan jamaah dapat menjalankan
ibadah umrah dengan lebih baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif
deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
pengambilan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan
menggunakan metode triangulasi sumber data dan member check untuk
pemeriksaan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran manajer telah dijalankan
berdasarkan harapan atau ekspektasi dari perusahaan, dan kemudian menjadi
tanggungjawab yang diembankan kepada Manajer Operasional PT.Zam Zam Tour
& Travel. (2) Manajer Operasional PT. Zam Zam Tour & Travel dalam pengelolaan
bimbingan manasik umrah berperan optimal dalam delapan peran, yaitu peran
pemimpin (leader), penghubung (liaison), pengawas (monitor), penyebar informasi
(desseminator), pengambil keputusan/wirausaha (enterpreneur), penyelesai
masalah (disturbance handler), pembagi SDM (resource allocator) dan negosiator
(negosiator). Namun masih belum optimal dalam peran tokoh utama (figurehead)
dan juru bicara (spokesman), karena dua peran tersebut lebih dimaksimalkan pada
kegiatan atau tugas yang berhubungan dengan pihak eksternal

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Manajer, Pengelolaan, Bimbingan Manasik Umrah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.154 Umrah, Umroh
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan, Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.4 Manajemen Eksekutif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:43
Last Modified: 28 Apr 2025 02:43
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year