Pengaruh Motivasi dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025.

Al-Ghifari, Mi'roju Abdul Rozaq (0014) Pengaruh Motivasi dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan .pdf] Text
Halaman Depan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar, serta pengaruh motivasi dan kesiapan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Sragen yang berjumlah 60 siswa, dengan sampel 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (untuk variabel motivasi dan kesiapan belajar) serta dokumentasi (untuk prestasi belajar). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, kesiapan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dan secara simultan motivasi serta kesiapan belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Dengan demikian, peningkatan motivasi dan kesiapan belajar siswa menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih di MTsN 6 Sragen.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 300.7 Pendidikan Ilmu Sosial
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 303 Proses Sosial
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 304 Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkah Laku Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mi'roju Abdul Rozaq Al-Ghifari
Date Deposited: 01 Dec 2025 09:03
Last Modified: 01 Dec 2025 09:03
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year