Al-Ghifari, Mi'roju Abdul Rozaq (0014) Pengaruh Motivasi dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
Halaman Depan .pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
BAB I.pdf
Download (201kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (323kB)
BAB III.pdf
Download (350kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
BAB V.pdf
Download (168kB)
Daftar Pustaka .pdf
Download (191kB)
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (206kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar, serta pengaruh motivasi dan kesiapan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Sragen yang berjumlah 60 siswa, dengan sampel 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (untuk variabel motivasi dan kesiapan belajar) serta dokumentasi (untuk prestasi belajar). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, kesiapan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dan secara simultan motivasi serta kesiapan belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Dengan demikian, peningkatan motivasi dan kesiapan belajar siswa menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih di MTsN 6 Sragen.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar, Fiqih. |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 300.7 Pendidikan Ilmu Sosial 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 303 Proses Sosial 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 304 Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkah Laku Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mi'roju Abdul Rozaq Al-Ghifari |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 09:03 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 09:03 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/927 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

