Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak bagi Siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Pratamawati, Raes Hipa Dyah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak bagi Siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang 1) Untuk mengetahui penerapan metode diskusi bagi siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar, 2) Untuk mengetahui hasil belajar aqidah akhlak bagi siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar.
Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar. Uji validitas instrument menggunakan SPSS 27 dan reliabilitas Croncbach’s Alpha. Dalam sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling dan analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien determinasi (R Square) dan Person Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi di SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar berjalan dengan baik dan efektif, ditandai dengan meningkatnya keaktifan, kerja sama, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses belajar. Sedangkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa, yang berarti semakin baik penerapan metode diskusi, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa metode diskusi merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak. Melalui diskusi, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan keagamaan, belajar mengamalkan nilai-nilai aqidah dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu guru diharapkan dapat terus mengembangkan dan mengoptimalkan metode diskusi sebagai bagian dari inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 373 Pendidikan Lanjutan, Pendidikan Menengah, Sekolah Lanjutan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raes Hipa Dyah Pratamawati
Date Deposited: 28 Nov 2025 02:10
Last Modified: 28 Nov 2025 02:10
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year