Hamzah, Farhan (2025) Pengaruh Penguasaan Materi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Boarding School SMP Islam Al Hadi Mojolaban pada Mata Pelajaran Fiqih Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (414kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
BAB III.pdf
Download (591kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (874kB)
BAB V.pdf
Download (337kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi oleh guru Pendidikan Agama Islam di kelas program boarding school SMP Islam Al Hadi Mojolaban, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih, untuk menganalisis pengaruh penguasaan materi guru terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Fiqih siswa kelas program boarding school.
Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan survei yang bersifat korelasional. Penelitian dilakukan di SMP Islam Al Hadi Mojolaban Sukoharjo, dengan sampel dari siswa program boarding school 50 siswa. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya, yang dibuktikan dengan hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen pada variabel penguasaan materi guru dan prestasi belajar siswa. Metode analisis data yang diterapkan meliputi analisis statistik deskriptif, pengujian normalitas, pengujian linieritas, korelasi Product Moment, serta regresi linier sederhana untuk mengidentifikasi hubungan dan pengaruh di antara kedua variabel yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa tingkat penguasaan materi guru di SMP Islam Al Hadi Mojolaban berada pada kategori baik, yaitu sebesar 72% siswa menyatakan bahwa guru menguasai materi Fiqih dengan baik. Adapun prestasi belajar Fiqih siswa program boarding school juga tergolong cukup tinggi, dengan 68% siswa mencapai nilai di atas rata-rata. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dan persentase hubungan antara penguasaan materi guru terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada kolom R Square sebesar 23,7%, dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi guru memberikan kontribusi sebesar 23,7% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penguasaan materi guru dengan prestasi belajar siswa program boarding school SMP Islam Al Hadi Mojolaban.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penguasaan, Materi, Guru, Prestasi, Belajar, Fiqih |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Farhan Hamzah |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 08:08 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 08:09 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

