Hasan, Ismail (2025) Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Motivasi Belajar Siswa pada SMP Islam Amanah Ummah. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (161kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
BAB III.pdf
Download (191kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
BAB V.pdf
Download (53kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa di SMP Islam Amanah Ummah, sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis pesantren. Fenomena bullying di lingkungan sekolah, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun sosial, semakin menjadi perhatian serius karena dapat mengganggu perkembangan psikologis dan akademik siswa. Motivasi belajar sebagai aspek krusial dalam keberhasilan pendidikan sangat rentan menurun ketika siswa merasa tidak aman secara emosional. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji secara mendalam hubungan antara intensitas perilaku bullying dengan tingkat motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Amanah Ummah, dengan sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih secara proporsional. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup untuk mengukur variabel bullying dan motivasi belajar, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kedua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara perilaku bullying dan motivasi belajar siswa. Semakin tinggi intensitas bullying yang dialami siswa, semakin rendah tingkat motivasi belajarnya. Hal ini mengindikasikan bahwa bullying tidak hanya berdampak pada kesehatan mental siswa, berkontribusi terhadap penurunan kualitas proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, diperlukan upaya preventif dan kuratif dari pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan suportif. Pendidikan karakter dan pembinaan akhlak berbasis nilai-nilai Islam menjadi kunci penting dalam menanggulangi perilaku bullying dan membangun semangat belajar siswa.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bullying, Motivasi Belajar, Pendidikan Islam, Siswa SMP, Lingkungan Sekolah |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial > 302.4 Interaksi Sosial Antarkelompok 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 304 Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkah Laku Sosial |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ismail Hasan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:34 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:34 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

