Mubarakah, Hanifah (2025) Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jimbung Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (942kB)
BAB I.pdf
Download (763kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
BAB III.pdf
Download (844kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (553kB)
BAB V.pdf
Download (376kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (375kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jimbung Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya inovasi bahan ajar yang mampu meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa kelas IV yang menjadi responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebar angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis mengetahui validitas dengan menggunakan rumus Aikens V, uji normalitas menggunakan Liliefors, Uji Linearitas dengan membandingkan Sig Deviation Linearity, dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Regresi Linier Sederhana. Semua uji tersebut dibantu menggunakan aplikasi SPSS versi 22 dan Excel 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan LKS Interaktif berkategori tinggi dengan nilai rata – rata sebesar 79,63 dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika dalam kategori cukup dengan rata – rata sebesar 81,29. Hasil perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen dengan nilai signifikasi sebesar 0,002 < 0,05 dan koefisen determinasi (R Square) yang dihasilkan dari kedua variabel tersebut yaitu 20,2%.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan LKS Interaktif, Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 500 Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, IPA > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Hanifah Mubarakah |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 04:19 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 04:19 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1038 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

