Cahyanti, Erni Nur (2025) Strategi Komunikasi Takmir Masjid dalam Meningkatkan Minat Jemaah Kajian Islam di Masjid Al Amin Denokan Sukoharjo 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
BAB I.pdf
Download (141kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
BAB III.pdf
Download (153kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
BAB V.pdf
Download (105kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (107kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (495kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh takmir masjid Al Amin Denokan Sukoharjo dalam meningkatkan minat jemaah untuk mengikuti kajian Islam. Fokus penelitian ini adalah pada strategi komunikasi, program pendukung yang dikembangkan oleh takmir dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan kajian Islam di lingkungan masjid.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode studi kasus di Masjid Al Amin Denokan Sukoharjo. Teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi Harold D. Lasswell yang menelaah proses komunikasi melalui lima unsur utama, yaitu who, says what, which channel, to whom, with what effect.
Kebaruan (novelty) dalam riset ini terletak pada analisis integrasi strategi komunikasi dakwah berbasis digital dengan pendekatan sosial kultural lokal, yang belum banyak dikaji pada konteks masjid pedesaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model strategi komunikasi keagamaan yang adaptif terhadap perubahan pola perilaku jemaah di era digital.
Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi ketua takmir, pengurus bidang dakwah, serta jemaah aktif Masjid Al Amin Denokan.
Berdasarkan riset di lapangan yang dilakukan oleh penulis menghasilkan data sebagai berikut: (1) takmir masjid Al Amin Denokan menerapkan strategi komunikasi berbasis pendekatan personal dan partisipatif untuk menarik minat jemaah mengikuti kajian Islam; dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi takmir yang memengaruhi efektivitas pelaksanaan kajian.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Takmir Masjid, Minat Jemaah, Kajian Islam. |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.125 Masjid 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.343 Majelis Taklim, Kelompok Pengajian 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Erni Nur Cahyanti |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:15 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:15 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

