Strategi Komunikasi Takmir Masjid dalam Meningkatkan Minat Jemaah Kajian Islam di Masjid Al Amin Denokan Sukoharjo 2025

Cahyanti, Erni Nur (2025) Strategi Komunikasi Takmir Masjid dalam Meningkatkan Minat Jemaah Kajian Islam di Masjid Al Amin Denokan Sukoharjo 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh takmir masjid Al Amin Denokan Sukoharjo dalam meningkatkan minat jemaah untuk mengikuti kajian Islam. Fokus penelitian ini adalah pada strategi komunikasi, program pendukung yang dikembangkan oleh takmir dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan kajian Islam di lingkungan masjid.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode studi kasus di Masjid Al Amin Denokan Sukoharjo. Teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi Harold D. Lasswell yang menelaah proses komunikasi melalui lima unsur utama, yaitu who, says what, which channel, to whom, with what effect.

Kebaruan (novelty) dalam riset ini terletak pada analisis integrasi strategi komunikasi dakwah berbasis digital dengan pendekatan sosial kultural lokal, yang belum banyak dikaji pada konteks masjid pedesaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model strategi komunikasi keagamaan yang adaptif terhadap perubahan pola perilaku jemaah di era digital.

Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi ketua takmir, pengurus bidang dakwah, serta jemaah aktif Masjid Al Amin Denokan.

Berdasarkan riset di lapangan yang dilakukan oleh penulis menghasilkan data sebagai berikut: (1) takmir masjid Al Amin Denokan menerapkan strategi komunikasi berbasis pendekatan personal dan partisipatif untuk menarik minat jemaah mengikuti kajian Islam; dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi takmir yang memengaruhi efektivitas pelaksanaan kajian.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Takmir Masjid, Minat Jemaah, Kajian Islam.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.125 Masjid
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.343 Majelis Taklim, Kelompok Pengajian
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Erni Nur Cahyanti
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:15
Last Modified: 26 Nov 2025 02:15
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year