Alfian, Muhammad (2025) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (883kB)
BAB I.pdf
Download (204kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (261kB)
BAB III.pdf
Download (328kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (406kB)
BAB V.pdf
Download (164kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (189kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (832kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiya 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa/i atau satu kelas dari Kelas X 2 DKV di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Angket (Kuesioner), Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 termasuk dalam kategori Baik dengan responden sebanyak 15 dan persentase sebesar 44%. (2) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 termasuk dalam kategori Cukup Baik dengan responden sebanyak 15 dan persentase sebesar 44,12%. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai t hitung sebesar = -1,121 dan t tabel diperoleh sebesar = 2.032. Didapatkan juga nilai signifikan t dari variabel X (Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka) adalah 0,270 > 0,05. Karena nilai t hitung < t tabel dan nilai signifikansi t > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Siswa. |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhammad Alfian |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 01:31 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 01:31 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1080 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

