Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025

Alfian, Muhammad (2025) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo, Kab. Pati. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiya 03 Sukolilo, Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa/i atau satu kelas dari Kelas X 2 DKV di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Angket (Kuesioner), Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 termasuk dalam kategori Baik dengan responden sebanyak 15 dan persentase sebesar 44%. (2) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 termasuk dalam kategori Cukup Baik dengan responden sebanyak 15 dan persentase sebesar 44,12%. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 03 Sukolilo Kab. Pati Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai t hitung sebesar = -1,121 dan t tabel diperoleh sebesar = 2.032. Didapatkan juga nilai signifikan t dari variabel X (Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka) adalah 0,270 > 0,05. Karena nilai t hitung < t tabel dan nilai signifikansi t > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alfian
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:31
Last Modified: 02 Dec 2025 01:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year