Perbandingan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Siswa Boarding School dan Fullday School Kelas VIII SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024

Al Khusnah, Ervin (2024) Perbandingan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Siswa Boarding School dan Fullday School Kelas VIII SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir setelah proses kegiatan belajar. Hasil belajar dapat ditunjukan melalui penilaian yang di berikan oleh guru. Hasil belajar akidah akhlak siswa boarding school dan fullday school dianggap memiliki perbedaan yang dipengaruhi oleh lingkungan belajar seperti latar belakang siswa, lama pembelajaran, jumlah siswa dalam kelas, suasana kelas dan pendidik. Oleh karena itu tujuan penelitian ini ialah ingin mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar akidah akhlak pada siswa boarding school dan fullday school kelas VIII SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel yang dipilih adalah 34 siswa terdiri dari 7 siswa boarding school dan 27 siswa fullday school kelas VIII SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yaitu nilai sumatif akhir. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji independent samples test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar akidah akhlak siswa boarding school dikategorikan cukup dengan presentase sebesar 57,14%. 2) Hasil belajar akidah akhlak siswa fullday school dikategorikan cukup dengan presentase sebesar 70,38%. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara siswa boarding school dan fullday school kelas VIII SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo tahun ajaran 2023/2024.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Akidah Akhlak, Boarding School dan Fullday School
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Staf Perpus
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:52
Last Modified: 25 Feb 2025 02:52
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year