Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kultum Sholat Dzuhur di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar 2024/2025

Rohman, Muhammad Kholilur (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kultum Sholat Dzuhur di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of 01. FILE COVER.pdf] Text
01. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB I_CP.pdf] Text
02. BAB I_CP.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 03. BAB II.pdf] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. BAB III_CP.pdf] Text
04. BAB III_CP.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 05. BAB IV_CP.pdf] Text
05. BAB IV_CP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of 06. BAB V_CP.pdf] Text
06. BAB V_CP.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 07. Daftar Pustaka.pdf] Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 08. Lampiran.pdf] Text
08. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa melalui kultum Sholat Dzuhur di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar tahun ajaran 2024/2025. (2). Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kultum Sholat Dzuhur dalam meningkatkan akhlak siswa serta pendekatan-pendekatan yang diterapkan oleh guru dalam menyampaikan pesan moral melalui kultum. (3). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. (4). Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. (5). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. (6). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Reduksi Data, Pendekatan Induktif, dan Pengambilan Kesimpulan/Verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru dalam pembinaan akhlak melalui kultum Sholat Dzuhur meliputi penyampaian materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, pemberian contoh teladan yang baik, serta pembiasaan siswa untuk menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan mereka. Selain itu, kultum juga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan spiritual siswa dengan Allah SWT, sehingga dapat membentuk karakter yang lebih baik. Pembinaan akhlak melalui kultum terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran moral siswa dan memperbaiki sikap serta perilaku mereka di sekolah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembinaan Akhlak, Kultum
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam > 2X4.123 Shalat Jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Kholilur Rohman
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:06
Last Modified: 03 Jun 2025 02:06
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year