Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di Sekolah Menegah Atas Al-Firdaus Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Maulana, David Reza (2025) Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di Sekolah Menegah Atas Al-Firdaus Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam meningkatkan minat belajar siswa khususnya di pembelajaran aqidah akhlak dan bagaimana metode, faktor pendukung dan penghambat yang diterapkan di sekolah Al-Firdaus Sukoharjo.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan di sekolah Al-Firdaus Sukoharjo, terhadap XI (sebelas) narasumber yaitu kepala sekolah, satu guru dan sembilan murid.
Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di Al-Firdaus Sukoharjo yakni: 1). Guru sebelum mengajar ia selalu menyapa siswanya dan memberikan semangat dalam kehidupan sehari-hari dan dikaitkan dengan kehidupan dari nabi Muhammad saw. 2). Metode memakai dua yakni, metode ceramah dan tanya jawab di pembelajaran akidah akhlak, siswa sangat antusias dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan tapi itu hanya sedikit. 3). Faktor pendukung ialah wali murid mendukung dan kebijakan- kebijakan pemerintah sudah mendukung dengan program Al-Firdaus Sukoharjo. 4). Faktor penghambat ialah minat belajar siswa ada yang masih kurang, semangat guru untuk mengajar cukup baik hanya saja perlu ada beberapa tambahan dalam metode mengajarnya

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Guru, Akidah Akhlak, Minat Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: David Reza David Reza
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:52
Last Modified: 03 Jun 2025 06:52
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year