Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’alim terhadap Etika Belajar Santri di Pesantren Darur Robbani Unit Tahfidz Terpadu(TQT) Kabupaten Boyolali

Ikhsanuddin, Muhammad (2025) Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’alim terhadap Etika Belajar Santri di Pesantren Darur Robbani Unit Tahfidz Terpadu(TQT) Kabupaten Boyolali. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of sampul dan pengesahan.pdf] Text
sampul dan pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran surat keterangan penelitain.pdf] Text
Lampiran surat keterangan penelitain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendiskripsikan penerapan Pembelajaran kitab ta’limul muta’alim di Pondok Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali, 2) Mendapatkan diskripsi keadaan etika belajar santri di Pondok Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali, 3) Mengetahui pengaruh dari pembelajaran kitab Ta’limul Muta’alim terhadap Etika belajar santri Pondok Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan desain survei. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darur Robbani Unit TQT Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Populasi yang digunakan dalam objek penelitian ini adalah para santri. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab ta’limul muta’alim dan etika belajar siswa penulis menggunakan rumus prosentase dan bobot nilai, sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode discovery learning terhadap motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus product moment (rxy).
Hasil penelitian menunjukan: 1) metode pada pembelajaran kitab ta’limul muta’alim yang dilaksanakan di Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali berjalan dengan baik dan mendapatkan kategori baik dengan bobot nilai 30,2 dan prosentase 76,2 %, 2) etika belajar para santri di Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali sesuai hasil penelitian dari penulis tergolong pada kategori baik dan mendapatkan bobot nilai 31,5 dan prosentase nya 82,1 %, 3) terdapat pengaruh yang tinggi dari metode pembelajaran kitab ta’limul muta’alim terhadap etika belajar santri Pesantren Darur Robbani Unit TQT Boyolali. Hal ini berdasarkan analisis data dengan rumus “r” product moment rxy sebesar 0.749 dengan interpretasi r = 0.749 menunjukkan rentang antara skala 0.60 – 0.799 yang berarti antara variabel x dan variabel y memiliki korelasi yang tinggi.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaraan, Ta’limul Muta’alim, Etika, Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 203 Praktik Keagamaan Lainnya
200 Agama, Kepercayaan > 204 Pengalaman Religius
200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ikhsanuddin
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:51
Last Modified: 04 Jun 2025 03:51
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year