Pengaruh Game Online Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025

Chozin, Abdullah (2025) Pengaruh Game Online Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTsN 6 Karanganyar tahun pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena maraknya penggunaan game online di kalangan siswa yang berdampak pada menurunnya kedisiplinan belajar, seperti keterlambatan hadir di kelas, kurangnya fokus saat pelajaran, serta keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, khususnya dalam mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, wali kelas, dan siswa. Penlitian ini melalui teknik analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas bermain game online yang tinggi berkorelasi negatif terhadap kedisiplinan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan melalui menurunnya kehadiran tepat waktu, minimnya partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan rendahnya tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Upaya preventif dari sekolah seperti sosialisasi bahaya game online, pembatasan penggunaan gadget, dan kerja sama orang tua telah dilakukan, walaupun belum berjalan optimal. Guru PAI menerapkan strategi seperti keteladanan, kisah Islami, dan kesepakatan kelas untuk membangun kembali kedisiplinan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa game online memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, diperlukan sinergi yang lebih kuat antara guru, sekolah, dan orang tua dalam membina karakter siswa serta menanamkan nilai-nilai Islami yang mampu membentuk kedisiplinan yang berkelanjutan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Game online, Kedisiplinan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.6 Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Chozin
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:54
Last Modified: 05 Jun 2025 03:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year