Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah-Akhlak pada Siswa Madrasatul Qur'an Al-Mutawassithoh Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Muzhaffar, Zidan Arif (2025) Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah-Akhlak pada Siswa Madrasatul Qur'an Al-Mutawassithoh Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan Skripsi (1) (Zidan Arif Muzhaffar).pdf] Text
Halaman Depan Skripsi (1) (Zidan Arif Muzhaffar).pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I SKRIPSI ( Zidan Arif Muzhaffar (1))_compressed.pdf] Text
BAB I SKRIPSI ( Zidan Arif Muzhaffar (1))_compressed.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB II SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
BAB II SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
BAB III SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB IV SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
BAB IV SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
BAB V SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI (Zidan Arif Muzhaffar)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bullying terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah-Akhlak para siswa di Madrasatul Qur’an Al-Mutawassithoh Boyolali. Bullying adalah perilaku buruk yang dilakukan untuk mengganggu dan menyakiti orang lain. Perilaku bullying digolongkan menjadi 4 bentuk, yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying sosial/relasional, dan cyberbullying. Bullying berdampak buruk pada sosial, akademik, dan psikologis seseorang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan di Madrasatul Qur’an Al-Mutawassithoh Boyolali dengan sampel penelitian sebanyak 73 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sumber data penelitian ini adalah sampel para siswa subjek penelitian dan nilai rapor siswa semester ganjil. Instrumen penelitian dibuat berdasarkan teori-teori para ahli dan seluruh instrumen telah dinyatakan valid (1 > 0,6), (0,7 > 0,6) dan (0,8 > 0,6) dengan rumus Formula Validitas Aiken dan reliabel (variabel X (0,9 > 0,7) dan (0,96 > 0,7), variabel Y (0,95 > 0,7) dan (0,95 > 0,7)) dengan rumus Formula Spearman Brown.
Hasil penelitian ini adalah -0,007 < 0,2302, berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada pengaruh bullying terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah-Akhlak para siswa di Madrasatul Qur’an Al-Mutawassithoh Boyolali secara signifikan, karena bullying yang terjadi di sana termasuk kategori sangat rendah. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agar tidak meremehkan perilaku bullying siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Siswa, Bullying, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zidan Arif Muzhaffar
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:09
Last Modified: 05 Jun 2025 04:09
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year