Pengaruh Tingkat Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025.

Wulandari, Arifa Sri (2024) Pengaruh Tingkat Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul Skripsi. Arifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1 Pendahuluan] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan. Arifa.docx

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II Landasan Teori] Text (Bab II Landasan Teori)
BAB II Landasan Teori. Arifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III Metodologi Penelitian] Text (Bab III Metodologi Penelitian)
BAB III Metodologi Penelitian. Arifa.docx

Download (519kB)
[thumbnail of Bab IV Hasil Penelitian] Text (Bab IV Hasil Penelitian)
BAB IV Hasil Penelitian. Arifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V Penutup] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup. Arifa.docx

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA. Arifa.docx

Download (17kB)
[thumbnail of Lampiran - Lampiran] Text (Lampiran - Lampiran)
Lampiran. Arifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Taraman Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Perhatian orang tua yang meliputi pendampingan belajar, penyediaan fasilitas, serta komunikasi pendidikan anak diyakini berperan dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk menguji hubungan antara variabel perhatian orang tua (X) dan hasil belajar siswa (Y). Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa kelas II yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel perhatian orang tua dan dokumentasi nilai sebagai indikator hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian orang tua tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa (r = -0.148, Sig. 0.381 > 0.05), sehingga faktor lain kemungkinan lebih berperan dalam menentukan pencapaian akademik mereka.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Pendidikan Dasar.
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arifa Sri Wulandari
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:38
Last Modified: 10 Jun 2025 02:38
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year