Efektifitas Penerapan Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kalijambe Sragen

Syarifuddin, Hamid (2025) Efektifitas Penerapan Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kalijambe Sragen. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode al-Miftah lil ‘Ulum dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Huda Ulya Kalijambe Sragen. Kebaruan (novelty) penelitian ini terletak pada penerapan metode al-Miftah lil ‘Ulum secara sistematis dan terstruktur, menggunakan media visual dan lagu yang interaktif, serta dipraktikkan langsung oleh peneliti bersertifikat sebagai pengajar metode tersebut—menjadikannya penelitian aplikatif berbasis kompetensi pelaksana.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 20 santri Ma’had Aly sebagai sampel. Validitas instrumen menunjukkan hasil > 0,50 dan reliabilitas (Cronbach's Alpha) sebesar 0,89. Rata-rata skor kemampuan membaca kitab kuning mencapai 84,3, dan hasil uji-t menunjukkan t_hitung = 8,72, lebih besar dari t_tabel = 2,09 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode ini.
Penerapan metode ini terbukti meningkatkan aspek teknis (nahwu dan sharaf), afektif (kepercayaan diri membaca), serta keterlibatan aktif santri dalam pembelajaran. Hal ini menjadikan al-Miftah lil ‘Ulum sebagai metode alternatif yang efektif, menarik, dan relevan untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam lainnya.
Hasil penelitian ini merekomendasikan adopsi metode ini secara lebih luas, disertai pelatihan guru secara terstruktur dan penyesuaian materi sesuai karakteristik peserta didik untuk menjamin keberhasilan implementasi metode.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Al-Miftah Lil ‘Ulum, Kitab kuning, Kemampuan membaca, Metode pembelajaran, Pesantren
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 200.3 Kamus Agama, Ensiklopedia Agama, Konkordans Agama
400 Bahasa, Kebahasaan, Filologi > 402 Aneka Ragam tentang Ilmu Bahasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamid Syarifuddin
Date Deposited: 11 Jun 2025 00:49
Last Modified: 11 Jun 2025 00:49
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year