Strategi Penerapan Nilai-Nilai Qur'ani dalam Pendidikan Akhlaq dan Adab Santri di Kuttab Al Husnayain Surakarta

Pamungkas, Maulana Al Bana (2024) Strategi Penerapan Nilai-Nilai Qur'ani dalam Pendidikan Akhlaq dan Adab Santri di Kuttab Al Husnayain Surakarta. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan ruhani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Terbentuknya kepribadian yang mulia adalah bukti kesuksesan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menggali berbagai strategi yang bisa dilakukan dalam pendidikan akhlaq dan adab untuk peserta didik serta faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan akhlaq dan adab peserta didik
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana strategi penerapan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan akhlaq dan adab di Kuttab Al Husnayain Surakarta. (2) Mengetahui hasil dan dampak positif dari strategi penerapan nilai-nilai Al Qur’an dalam pendidikan akhlaq dan adab santri.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di Kuttab Al Husnayain Surakarta. Data dan sumber data: 1. Primer: Kepala Madrasah, Waka kurikulum, Wali Kelas, Musyrif halaqah, dan Siswa; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, kuesioner dan dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data (display data) kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Banyak sekali strategi yang bisa dilakukan untuk menerapkan nilai-nilai Qur’ani dalam pendidikan akhlaq dan adab santri, yakni dengan cara keteladanan, anjuran, latihan, larangan, hukuman, pemberian hadiah, pengawasan, dan memaksimalkan peran orangtua. (2) Strategi-strategi yang dilakukan memiliki dampak positif dan hasil yang bisa dirasa secara nyata, terutama dalam beberapa strategi seperti keteladanan, pengawasan, latihan, pemberian hadiah dan memaksimalkan peran orangtua. (3) Pentingnya peran seluruh anggota pendidikan baik dari guru, murid dan orangtua menjadikan setiap personal memiliki peran dan andil besar dalam setiap pengembangan pendidikan akhlaq dan adab.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Strategi, Nilai Qur’ani, Pendidikan Akhlaq
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Al Bana Pamungkas
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:47
Last Modified: 11 Jun 2025 03:47
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year