Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ibadah pada Siswa Kelas VII Program Khusus A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Rosyid, Sahidna Ahmad (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ibadah pada Siswa Kelas VII Program Khusus A Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Sampul Cover.pdf] Text
Sampul Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran audio visual diduga sebagai faktor penyebab utama hasil belajar siswa. Karena itu, dilakukan penelitian adakah korelasi antarkeduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Populasi pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan koefisian determinasi. Uji hipotesis menggunakan rumus t hitung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media pembelajaran audio visual pada kelas VII PK A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang jumlahnya 26 siswa adalah termasuk kriteria cukup dengan rata-rata 15 yang masuk pada interval 15-17. (2) Hasil belajar mata pelajaran ibadah kelas VII PK A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 26 siswa adalah termasuk kriteria cukup dengan rata-rata 78 pada interval 73-82. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis media pembelajaran audio visual menunjukkan nilai Sig. (0,054) > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya variabel X (Media Pembelajaran Audio Visual) tidak berpengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar Siswa Kelas VII PK A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Hasil Analisis Regresi menunjukkan besarnya nilai korelasi / tingkat hubungan atarvariabel (R) yaitu sebesar 0,328 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,146 yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel independen (Media Pembelajaran Audio Visual) terhadap variabel dependen (Hasil Belajar) adalah sebesar 14,6 % dan sisanya 85,4 % disebabkan oleh faktor lain. Variabel media pembelajaran audio visual berpengaruh positif terhadap variabel hasil belajar hanya sebesar 0,488.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, Audio, Visual, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sahidna Ahmad Rosyid
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:40
Last Modified: 11 Jun 2025 08:40
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year