Wuryanto, Eko (2025) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (376kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (109kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pertama seberapa tinggi pemanfaatan perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025, kedua seberapa tinggi prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025, ketiga adakah pengaruhnya antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistic deskriptif merupakan teknik analisisa yang mendeskripsikan atau menggambarkan data melalui nilai maksimum, minimum, modus, mean, median dan standar deviasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) pemanfaatan perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar berdasarkan data nilai tertinggi adalah 50 dan terendah 33. Pada kategori sangat tinggi berjumlah 20 siswa atau mencapai 60,60%, 2) prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar berdasarkan data nilai tertinggi adalah 93 dan terendah 56. Pada kategori sangat tinggi berjumlah 20 siswa atau mencapai 60,60%, 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi Belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar pada uji hipotesis r hitung menunjukan 0,937. Untuk dikatakan ada pengaruh tidaknya maka nilai r hitung sebesar 0,937 jika dikonsulkan dengan r tabel 1% dan 5%, maka r hitung > r tabel atau 0,937>0,282 atau 0,937>0,33. Jadi dengan demikian hipotesis yang berbunyi : Ada pengaruh positif signifikan Antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi Belajar kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 224/2025.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Prestasi Belajar |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.3 Hubungan Perpustakaan dengan Lembaga Pendidikan 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eko Wuryanto |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 00:47 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 00:47 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year