Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025

Wuryanto, Eko (2025) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama seberapa tinggi pemanfaatan perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025, kedua seberapa tinggi prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025, ketiga adakah pengaruhnya antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistic deskriptif merupakan teknik analisisa yang mendeskripsikan atau menggambarkan data melalui nilai maksimum, minimum, modus, mean, median dan standar deviasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) pemanfaatan perpustakaan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar berdasarkan data nilai tertinggi adalah 50 dan terendah 33. Pada kategori sangat tinggi berjumlah 20 siswa atau mencapai 60,60%, 2) prestasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar berdasarkan data nilai tertinggi adalah 93 dan terendah 56. Pada kategori sangat tinggi berjumlah 20 siswa atau mencapai 60,60%, 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi Belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar pada uji hipotesis r hitung menunjukan 0,937. Untuk dikatakan ada pengaruh tidaknya maka nilai r hitung sebesar 0,937 jika dikonsulkan dengan r tabel 1% dan 5%, maka r hitung > r tabel atau 0,937>0,282 atau 0,937>0,33. Jadi dengan demikian hipotesis yang berbunyi : Ada pengaruh positif signifikan Antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi Belajar kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 224/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Prestasi Belajar
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.3 Hubungan Perpustakaan dengan Lembaga Pendidikan
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eko Wuryanto
Date Deposited: 13 Jun 2025 00:47
Last Modified: 13 Jun 2025 00:47
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year