Sasmawati, Alifia Nur Azizah (2025) Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-1 di Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB I.pdf
Download (444kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (608kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB III.pdf
Download (534kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB V.pdf
Download (324kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (429kB)
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode Drill merupakan cara guru memberikan bimbingan pada siswa dengan memberikan latihan-latihan, hafalan, praktik, dan catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode drill terhadap hasil
belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 di SMA Islam 1 Surakarta.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Drill menunjukkan presentase sebesar 34,5% dalam kategori baik. (2) Hasil belajar siswa menunjukkan presentase 27,6% dalam dua kategori yang sama baik dan cukup. (3). Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS bahwa metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 SMA Islam 1 Surakarta tidak berpengaruh dengan nilai signifikan (0,314) > 0,05 dan nilai t hitung (1,025) < t tabel (2,052) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Alifia Nur Azizah Sasmawati |
| Date Deposited: | 13 Jun 2025 06:32 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 06:32 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/371 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

