Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-1 di Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta.

Sasmawati, Alifia Nur Azizah (2025) Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-1 di Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB I.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB I.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB II.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB III.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB III.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB IV.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB V.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. BAB V.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. LAMPIRAN.pdf] Text
Skripsi_Alifia Nur Azizah_2270022292. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode Drill merupakan cara guru memberikan bimbingan pada siswa dengan memberikan latihan-latihan, hafalan, praktik, dan catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode drill terhadap hasil
belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 di SMA Islam 1 Surakarta.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Drill menunjukkan presentase sebesar 34,5% dalam kategori baik. (2) Hasil belajar siswa menunjukkan presentase 27,6% dalam dua kategori yang sama baik dan cukup. (3). Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS bahwa metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-1 SMA Islam 1 Surakarta tidak berpengaruh dengan nilai signifikan (0,314) > 0,05 dan nilai t hitung (1,025) < t tabel (2,052) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifia Nur Azizah Sasmawati
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:32
Last Modified: 13 Jun 2025 06:32
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year