Upaya Peningkatan Prestasi Santri Kelas IX dalam Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Card Sort di Pondok Pesantren Al-Islam Darul Falah Pilangbangu Sepat Masaran Sragen Tahun Ajaran 2024-2025

Abdurrosyid, Yusuf (2025) Upaya Peningkatan Prestasi Santri Kelas IX dalam Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Card Sort di Pondok Pesantren Al-Islam Darul Falah Pilangbangu Sepat Masaran Sragen Tahun Ajaran 2024-2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar santri kelas IX dengan jumlah santri putra 15 dan santri putri 16 pada mata pelajaran Fiqih melalui penerapan metode pembelajaran Card Sort di Pondok Pesantren Al-Islam Darul Falah Pilangbangu Sepat Masaran Sragen pada tahun ajaran 2024–2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes evaluasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort secara signifikan meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar santri. Pada siklus I, santri mulai terlibat aktif dalam diskusi kelompok, meskipun baru sebagian yang menunjukkan keberanian dalam bertanya dan menjawab. Namun, pada siklus II, mayoritas santri menunjukkan peningkatan partisipasi aktif. Ketuntasan belajar meningkat dari 39% pada pra siklus menjadi 65% pada siklus I, dan naik lagi menjadi 84% pada siklus II. Rata-rata nilai belajar juga menunjukkan peningkatan, dari 68,0 (pra siklus) menjadi 74,6 (siklus I) dan 78,5 (siklus II). Temuan ini menunjukkan bahwa metode Card Sort efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih di kelas IX.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Fiqih, Metode Card Sort, Santri, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusuf Abdurrosyid
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:04
Last Modified: 16 Jun 2025 02:04
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year