Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Animasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024-2025

Mahardika Suryaning Bawono, Bawono (2025) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Animasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024-2025. Skripsi, institut islam Mamba'ul ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Problematika utama suatu kegiatan pembelajaran adalah kurangnya minat belajar pada diri siswa, dan salah satu cara untuk menumbuhkan minat tersebut dengan menggunaka media pembelajaran media interaktif video animasi sebagai penunjang keberhasilan suatu kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media interaktif video animasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam yang menggunakan metode kuantitatif, Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Sukoharjo dengan sampel 74 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis editing, coding, processing, cleaning, dan tabulasi Hasil dari penelitian ini penggunaan media interaktif video animasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas VII SMPN 5 Sukoharjo berdasarkan hasil uji T analisis regresi terdapat nilai thitung > ttabel yaitu 11.273 > 4.060 dan signifikasi 0,000 < dari 0,05 maka Ho ditolak dan menerima H1. Dengan hal ini maka ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Sukoharjo.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Interaktif Video Animasi, Terhadap Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahardika Suryaning Bawono
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:05
Last Modified: 23 Jun 2025 07:05
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year