Hubungan Pengawasan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025

Sidiq, Abdurrohman Ibnu (2025) Hubungan Pengawasan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengawasan orang tua, tingkat minat belajar siswa, serta hubungan antara pengawasan orang tua dengan minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al Islam Jamsaren Surakarta tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan field research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX, dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengawasan orang tua berada pada kategori sedang, dengan rata-rata skor 37,50. Demikian pula, minat belajar siswa juga berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor yang sama. Meskipun secara umum orang tua cukup terlibat dalam aktivitas belajar anak, hasil analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan orang tua dan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai korelasi Pearson sebesar -0,057 dengan signifikansi 0,755 (> 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,003. Artinya, pengawasan orang tua hanya berkontribusi sebesar 0,3% terhadap variasi minat belajar siswa.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengawasan orang tua tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Faktor lain, seperti metode pembelajaran, lingkungan sekolah, serta motivasi internal siswa, diperkirakan memiliki peranan lebih besar dalam membentuk minat belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan
menyeluruh.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Orang Tua, Minat Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdurrohman Ibnu Sidiq
Date Deposited: 20 Jun 2025 01:02
Last Modified: 20 Jun 2025 01:02
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year