Penerapan Metode Bercerita dalam Pembelajaran Sirah Nabawiyah Santri Kelas XI Pondok Pesantren Al-Atsar 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2024 – 2025

Hafidz, Mahfudz (2025) Penerapan Metode Bercerita dalam Pembelajaran Sirah Nabawiyah Santri Kelas XI Pondok Pesantren Al-Atsar 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2024 – 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan metode bercerita dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah pada santri kelas XI Pondok Pesantren Al-Atsar 2 Yogyakarta tahun ajaran 2024–2025. Metode bercerita dipilih karena kemampuannya membangkitkan imajinasi, emosi, dan keterlibatan personal dalam memahami sejarah kehidupan Rasulullah SAW. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru mata pelajaran, mudir Pondok Pesantren, wali kelas, dan beberapa santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan minat belajar, memperkuat pemahaman terhadap peristiwa sejarah Islam, serta menanamkan nilai-nilai keteladanan Nabi Muhammad secara lebih mendalam dan kontekstual. Proses implementasi mencakup empat tahap utama: persiapan narasi, penyampaian cerita, diskusi reflektif, dan evaluasi pemahaman secara lisan maupun tulisan. Materi pembelajaran bersumber dari kitab Khulāṣah Nūrul Yaqīn yang dipadukan dengan media visual dan pendekatan interaktif. Santri menunjukkan respons positif berupa peningkatan partisipasi aktif, daya ingat terhadap materi, serta ketertarikan dalam diskusi. Kendala yang ditemukan antara lain keterbatasan durasi pembelajaran dan kebutuhan pelatihan guru untuk mengoptimalkan teknik bercerita. Penelitian ini merekomendasikan penguatan penerapan metode bercerita dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah di Pondok Pesantren dalam pendidikan agama Islam sebagai strategi pembelajaran yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan nilai aplikatif dalam kehidupan santri.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, Sirah Nabawiyah, Pondok Pesantren
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafidz Mahfudz
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:16
Last Modified: 25 Jun 2025 02:16
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year