Pengaruh Penggunaan Media Social Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Imam Syuhodo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun 2024/2025

Fadli, Muhammad (2025) Pengaruh Penggunaan Media Social Tiktok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Imam Syuhodo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of halamanb judul.pdf] Text
halamanb judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of bab iv.pdf] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of bab v.pdf] Text
bab v.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of dapus.pdf] Text
dapus.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

TikTok sebagai media digital interaktif mendukung pembelajaran Fiqih dengan menyajikan materi menarik dan ringkas, membantu siswa memahami ibadah, hukum Islam, dan praktik sehari-hari.. Selain itu, TikTok membantu guru menyampaikan materi secara visual dan interaktif, meningkatkan minat belajar siswa. Namun, validitas informasi harus diperhatikan agar sesuai dengan ajaran Islam. Pengawasan guru dan pemilihan sumber kredibel penting untuk mencegah kesalahpahaman dalam pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini bertujuan antara lain 1) Mengetahui hasil belajar Fiqih dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2024/2025. 2) Menganalisis penggunaan media sosial TikTok di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2024/2025. 3)Mengukur pengaruh TikTok terhadap hasil belajar Fiqih dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Data dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Sampeldalam penelitian ini sebesar 50 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji korelasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Hasil belajar Fiqih dalam pembelajaran PAI bervariasi, dipengaruhi oleh metode pembelajaran, motivasi, serta praktik langsung seperti wudhu, salat berjamaah, dan kegiatan keagamaan yang membantu pemahaman siswa secara aplikatif. 2) Penggunaan TikTok di SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo cukup tinggi, dengan durasi minimal 30 menit per hari. TikTok digunakan untuk edukasi, hiburan, komunikasi, dan informasi. Penggunaannya dapat meningkatkan kreativitas atau mengalihkan perhatian dari belajar, tergantung pola pemanfaatannya. 3) Penggunaan media TikTok tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Fiqih, dengan nilai signifikansi 0,389 (>0,05). Pengaruhnya hanya 1,5%, sedangkan 98,5% dipengaruhi oleh faktor lain, termasuk kebiasaan keagamaan siswa di sekolah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Tiktok, Hasil Belajar Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fadli Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:19
Last Modified: 09 May 2025 02:02
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year