Pengaruh Budaya Religius Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2024 - 2025

Wibowo, Namira Salsabila (2025) Pengaruh Budaya Religius Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2024 - 2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menghasilkan deskriptif kuantitatif pelaksanaan budaya religius di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo. 2) untuk menghasilkan deskriptif kuantitatif hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo. 3) untuk membuktikan ada dan tidaknya pengaruh budaya religius yang ditetapkan di sekolah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan tes instrumen. Analisis data menggunakan tehnik statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) sebanyak 34,09% menilai budaya religius sekolah dalam kategori baik, 50% cukup, dan 15,91% kurang. 2) hasil belajar pendidikan agama Islam menunjukkan nilai minimum 15, maksimum 100, rata-rata 93,63636 dan standar deviasi 16,48973. 3) uji t menunjukkan tidak ada pengaruh budaya religius sekolah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, karena nilai signifikansi > 0,05, thitung 0,288 < ttabel 2,018.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius Sekolah, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Namira Salsabila Wibowo
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:40
Last Modified: 30 Jun 2025 02:40
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year